PEMAHAMAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN PENERAPANNYA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Habibi universitas islam negeri sumatera utara
  • Arfin Hasibuan universitas islam negeri sumatera utara
  • Fitri Yulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairul Ameer universitas islam negeri sumatera utara
  • Mesiono universitas islam negeri sumatera utara
  • Haidir universitas islam negeri sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6212

Abstract

Manajemen pendidikan mengacu pada serangkaian proses yang sistematis dan terstruktur, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi seluruh kegiatan dalam lembaga pendidikan. Dalam rangka menjaga kualitas pendidikan Islam dan mengatasi tantangan-tantangan tersebut, penting bagi para pemangku kepentingan pendidikan, seperti pengelola lembaga pendidikan, guru, dan masyarakat, untuk memahami dan menerapkan manajemen pendidikan Islam secara tepat. diabaikan dalam konteks pengelolaan SDM pendidikan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip utama dalam penerapan manajemen Islam dalam lembaga pendidikan dan menganalisis konsep dan defenisi manajemen pendidikan islam. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis, desain, atau rancangan penelitian yang biasa digunakan untuk meneliti objek penelitian yang alamiah atau dalam kondisi riil dan tidak disetting seperti pada eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Manajemen pendidikan Islam, dengan fokus pada pengelolaan yang Islami, memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam membangun peradaban umat yang berkeadilan, sejahtera, dan berdaya saing global.upaya berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam agar dapat menjawab tantangan zaman, sekaligus menjaga relevansi dan kedalaman nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Habibi, Hasibuan, A., Yulia, F., Ameer, K., Mesiono, & Haidir. (2025). PEMAHAMAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN PENERAPANNYA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 449–457. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6212