TRANSFORMASI DIGITAL ADMINISTRASI SEKOLAH: STRATEGI INOVATIF DALAM MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE

Authors

  • Siti Nurul Jennah UIN KH Achmad Siddiq Jember
  • Moch. Chotib Uin KH Achmad Siddiq Jember
  • Sukamto Sukamto Uin KH Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6250

Keywords:

Transformasi Digital, Admnistrasi Sekolah, Excellent Service

Abstract

Transformasi digital dalam administrasi sekolah telah menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan pendidikan. Artikel ini membahas penerapan strategi inovatif dalam digitalisasi sistem administrasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan excellent service kepada siswa, orang tua, dan staf. Melalui pemanfaatan teknologi digital sekolah dapat mempercepat proses administrasi, meningkatkan transparansi, serta mempermudah akses informasi bagi seluruh pemangku kepentingan. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi digitalisasi, termasuk kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur, Dengan demikian, transformasi digital tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memperkuat hubungan antara sekolah dan komunitasnya, memberikan pengalaman layanan yang lebih baik, dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih optimal. Penelitian ini memberikan wawasan bagi lembaga pendidikan dalam merancang strategi digital yang dapat meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi harapan pengguna di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dari penelitian ini yakni kepala sekolah, operator, komite sekolah, tenaga administrasi dan bendahara lembaga. dalam penelitian ini memberikan hasil  bahwa dengan adanya inovasi digital dapat meningkatkan layanan prima yang ada disekolah dan sjuga dapat memberikan citra yang baik terhadap sekolah

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Jennah, S. N., Chotib, M., & Sukamto, S. (2025). TRANSFORMASI DIGITAL ADMINISTRASI SEKOLAH: STRATEGI INOVATIF DALAM MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 244–265. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6250