Syarat-Syarat Penulisan untuk Jurnal Irfani

Tulisan berupa hasil kajian dan penelitian, pemikiran di bidang pendidikan islam dan atau tinjauan buku (Book Review), yang terkait dengan  pendidikan. Tulisan tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris maksimal 20 halaman kuarto spasi 1.5, dilengkapi dengan abstrak antara 200-250 kata.

Artikel memuat: Judul, Nama Penulis, Abstrak (baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris), Pendahuluan, Pembahasan (Sub judul-sub judul, sesuai dengan kebutuhan), Penutup (kesimpulan), Catatan-Catatan dan Daftar Rujukan.

Kata atau istilah asing yang belum diubah mejadi kata Indonesia atau belum menjadi istilah teknis, diketik/ditulis dengan huruf miring.

Penulis artikel menyertakan biodata singkat dalam bentuk esai.

Tulisan ditulis dalam bentuk file dalam disket disertai dengan print out

Catatan-catatan berupa referensi ditulis sebagai foot note (catatan kaki). Teknik penulisan catatan kaki adalah sebagai berikut:

    Buku:

    Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi (Jakarta: Bulan Bintang, 1992), 43.

    Buku Terjemahan:

    Khaled M. Abou El Fadl, Atas Nama Tuhan Dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, terj. R. Cecep Lukman Yasin (Jakarta: Serambi, 2004), 316.

    Artikel dalam Buku:

    Achmad Satori Ismail, “Gender Perspektif Fikih”, dalam Membincang Feminisme, ed. Nanang Kosasi (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999), 135-137.

    Artikel dalam Jurnal:

    Fathurrahman Djamil, "Muhammad Quraish Shihab wa Arauhu al-Fiqhhiyyah", dalam Jurnal Studia Islamika, Vol. 6, No. 2, 1999, 171-190.

    Artikel dalam Surat Kabar:

    Rumadi, “Epistemologi Islam Liberal”, Media Indonesia, Jum’at, 28 April 2000,  4.

    Skripsi, Tesis, Disertasi

    Ahmad Qorib, "Metode Ijtihad Ibn Hazam al-Zhahiri", Disertasi (Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta), 45.

Tulisan yang dimuat akan diberi honor dan satu eksemplar jurnal.

Tulisan dikirimkan ke alamat: Redaksi Irfani, Jln. Gelatik No. 1 Kampus I Kota Gorontalo Tlp. (0435) 827031