Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan dan Kesenangan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Aplikasi Perhitungan Zakat
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3355Kata Kunci:
Religiosity, Trust, Enjoyment, Intention to UseAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kepercayaan dan kesenangan terhadap niat menggunakan Aplikasi Penghitungan Zakat. Menggunakan data primer melalui kuisioner sebanyak 170 responden dengan kriteria 1) beragama Islam, 2) Memiliki pekerjaan/penghasilan, 3) Belum pernah menggunakan aplikasi perhitungan zakat namun familiar dengan aplikasi perhitungan zakat. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh religiusitas terhadap niat menggunakan aplikasi perhitungan zakat adalah positif tetapi tidak signifikan; (2) pengaruh kepercayaan terhadap niat menggunakan aplikasi perhitungan zakat hasil positif signifikan; (3) pengaruh kesenangan terhadap niat menggunakan aplikasi perhitungan zakat diperoleh hasil negatif yang tidak signifikan. Penelitian ini memberikan makna bahwa meskipun seseorang memiliki keterikatan, penghayatan, penghayatan terhadap ajaran agamanya, belum tentu dapat mempengaruhi niatnya untuk mengambil tindakan memilih aplikasi perhitungan zakat. Adanya respon dan update aplikasi yang dilakukan oleh pihak pengemban aplikasi mampu memunculkan kepercayaan seseorang sehingga mendorong niat untuk menggunakan aplikasi perhitungan zakat tersebut. Kemudahan teknologi aplikasi perhitungan zakat belum mampu menimbulkan rasa kesenangan karena yang diharapkan adalah aplikasi tersebut harus mampu menunjukkan dasar hukum penetapan zakat yang dijadikan acuan perhitungan, sehingga mampu memenuhi nilai-nilai agama yang diharapkan oleh pengguna. Rekomendasi Penelitian: (1) Program aplikasi perhitungan zakat masih banyak kekurangan, sehingga diharapkan dapat dikembangkan lebih baik lagi, seperti dikembangkan untuk perhitungan waris, dan menampilkan secara jelas dasar hukum yang digunakan sebagai penetapan. (2) Dari sisi akuntansi, diharapkan pengguna aplikasi perhitungan zakat dapat memperoleh fasilitas untuk menyimpan dan menampilkan laporan hasil perhitungan apabila seseorang harus membayar/menghitung lebih dari satu jenis zakat. Tersedia akun yang dapat menyimpan seluruh riwayat pencatatan zakat bagi pengguna aplikasi.
Kata kunci: Religiusitas, Kepercayaan, Kenikmatan, Niat Menggunakan
Referensi
Adilla, N., Nasution, Y. S. J., & Sugianto, S. (2021). The influence of religiousity and income on zakat awareness and interest in paying zakat. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 4(1), 62-76.
Alfriani, N. A., Fauzi, A., & Mardi, M. (2022). Analysis Of Factors In Affecting Muzakki's Interest In Paying Professional Zakat For Civil Servants At The Kanwil Of The Ministry Of Religion Dki Jakarta. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 1(5), 573-584
Amroni, A. (2017). Rancangan Aplikasi Menghitung Zakat Berbasis Android. Jurnal Processor, 9(3), 290-300.
Arrosyid, A., & Priyojadmiko, E. (2022). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku dengan Religiusitas dan Niat sebagai Variabel Moderasi terhadap Keputusan Muzakki dalam Membayar Zakat. Quranomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 15-37.
Darmawati, A., & Rimadias, S. (2021). Pengaruh Menaruh Sebuah Iklan Makanan di Instagram Seorang Selebritis terhadap Gairah Kesenangan dan Niat Beli Konsumen. Pengaruh Menaruh Sebuah Iklan Makanan di Instagram Seorang Selebritis terhadap Gairah Kesenangan dan Niat Beli Konsumen.
Harahap, J. S., Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Determinan Keengganan Muzakki Membayar Zakat Ke Badan Amil Zakat (Studi Kasus Baznas Kabupaten Padang Lawas Utara). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 1081-1094
Heikal, M., Asbar, Y., Khaddafi, M., Saputra, J., & Ikhsan, A. (2019). Modelling Of The Zakat Payment Behaviour In Aceh, Indonesia. Opción: Revista De Ciencias Humanas Y Sociales, (22), 1321-1335.
Huda, U. N. (2022). Pengaruh Pemahaman Agama Dan Kepercayaan Muzakki Terhadap Minat Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Tamaddun Ummah (JTU), 2(2), 53-66.
Ikhsan, R. R. N., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh Religiusitas, Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 49-55.
Jayantari, I. A. A. U., & Seminari, N. K. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Persepsi Risiko Terhadap Niat Menggunakan Mandiri Mobile Banking Di Kota Denpasar (Doctoral Dissertation, Udayana University).
Monsuwé, T. P., Dellaert, B. G., & De Ruyter, K. (2004). What drives consumers to shop online? A literature review. International journal of service industry management.
Nugroho, A. S., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas Dengan Faktor Usia Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 955-966.
Putra, F. A. E. (2022). Analisis Resepsi Warga Keturunan Arab Di Surabaya Terhadap Video Stop Membenci Dan Menghina Arab (Study Deskriptif Kualitatif Video “Stop Memb3nci Keturunan Arab" Di Channel Youtube Cokrotv) (Doctoral Dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).
Putri, K. N. M. A. (2021). Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Kewajiban Zakat Di Kecamatan Giligenting: Gambaran Pemahaman Masyarakat Terhadap Kewajiban Zakat Di Giligenting. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 2(1), 28-36
Ramadhani, R. Y., & Hapsari, M. I (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Membayar Zakat Online Bagi Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(3), 401-412.
Rossmann, C. (2021). Theory Of Reasoned Action-Theory Of Planned Behavior. Nomos Verlagsgesellschaft Mbh & Co. KG.
Sidik, M. F. (2019). Media Pembelajaran Dan Perhitungan Zakat Berbasis Android (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi).
So, J. I., & Kim, S. H. (2013). The effects of augmented reality fashion application on pleasure, satisfaction and behavioral intention. The Research Journal of the Costume Culture, 21(6), 810-826.
Wahid, A., Soedarmadji, W., Nuriyanto, N., Misbah, A., Pusakaningwati, A., Hermansyah, M., & Mas’ud, M. I. (2022). Penyuluhan Penggunaan Buku Kas Digital Dalam Proses Administrasi Umkm Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1261-1266.
Wibowo, H. A. (2014). Pengaruh Kompetensi Operasional, Kearifan Operasional, Dan Orientasi Pemecahan Masalah Karyawan Lini Depan Terhadap Kepercayaan Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen, 3(2).
Wijaya, R. H., & Khotijah, S. A. (2020). Memasuki Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tinjauan Strategi Amil Zakat Di Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Masradin Masradin, Mursalim Laekkeng, Nur Wahyuni

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.