Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening

Penulis

  • Chintia Gita Sukma Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Abdul Hadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Titin Hartini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3526

Kata Kunci:

Keywords: Marketing Mix, Customer Decision, Trust

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini diawali dengan pertanyaan apakah marketing mix berdampak pada keptusan nasabah untuk menggunakan Bank Syariah Indonesia di Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan menilai sejauh mana bauran pemasaran mempengaruhi pilihan konsumen. Kemudian berusaha untuk menentukan apakah kepercayaan dapat memediasi efek bauran pemasaran dan kepatuhan syariah pada pilihan konsumen. Metode utama pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert. pendekatan untuk analisis data yang menggabungkan analisis kuantitatif dengan analisis jalur. Program IBM SPSS 21 digunakan oleh alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Marketing mix secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Kota Palembang, dengan nilai f hitung 47,252 > 2,07 dan tingkat signifikansi 0,000 0,05. Hanya empat indikator—harga, pemasaran, orang, dan bukti fisik—yang memiliki pengaruh nyata. 2) Marketing mix secara simultan berpengaruh terhadap kepercayaan, dengan nilai f hitung 58,753 > 2,07 dan tingkat signifikansi 0,000 0,05. Hanya tiga variabel—tempat, promosi, dan orang—yang memiliki pengaruh. 3) Hasil uji statistik t-test yang memiliki nilai signifikansi 0,909 > 0,05 menunjukkan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan nasabah. 4) Marketing mix tidak dapat dimediasi oleh kepercayaan.

Kata Kunci : Marketing Mix, Keputusan Nasabah, Kepercayaan

Biografi Penulis

Chintia Gita Sukma, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

 

 

Abdul Hadi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

 

 

Titin Hartini, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

 

 

Referensi

Alhusain, Achmad Sani. Info Singkat Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, Vol. XIII, No. 3, 2021.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Bawono, Anton, Multivariate Analysis dengan SPSS. (Salatiga: STAIN Salatiga press, 2006), 68.

Danupranata, Gita. Manajemen Perbankan Syariah. Salemba Empat: Yogyakarta, 2013.

Ghazali, Imam. Penerapan Beberapa Pengujian dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Icek, Ajzen. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes

Kertajaya, Hermawan and Sula, Muhammad Syakir. Syariah Marketing. Bandung:PT.Mizan Pustaka, 2006.

Kotler, Philip & Armstrong, Garry. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2008.

Musa. 2020. "Determinan Keputusan Menjadi Nasabah Jual Beli Valas(Al-Sharf)di Bank Syariah." Al- Tijary : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 5, No.2.

Muhajirin & Panorama, Maya. Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta, 2017.

Nirmala, Imelda Ayu dan Rahayu, Yayuk Sri. 2022. “Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Degan Minta Sebagai Variebel Mediasi”, Jurnal Tabrru’: Islamic Banking and Finance Vol. 5, No. 2

Qorizah, A., & Prabowo, P. S. 2019. "Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Kpr Syariah Bank Jatim Syariah Surabaya". Jurnal ekonomi Islam, 2(2), 149-161.

Siskamto, Dedi and Yulihardi. 2017. “Analisis Peranan Religiusitas Terhadap Kepercayaan Kepada Perbankan Syariah”, Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam -Volume 2, Nomor 2

Solihin, Dede. PengaruhHHKepercayaan PelangganMNdan PromosiCTerhadap KeputusanNPembelianIIKonsumen PadaYOnline Shop MikaylakuMDengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan TTeknologi, Vol. 4, No.1, 2020.

Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Siregar, Syofian. Menjelaskan Manfaat kepada Surveyor. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sugiyono. Banyak penelitian, kinerja, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2012.

Tajudin, Makhdaleva Hanura and Mulazid, Ade Sofyan. 2017. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan, dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan NasabahMenggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok” Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam Volume 8 No. 1

Taan, Hapsawati. Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja. Yogyakarta: Zahir publishing, 2017.

Tjiptono, Fandy. Pemasarani Jasa. Malang: Bayumedia Publishing, 2004.

Wijayanti , Intan Manggala . Januari 2019. "PeranKIKonsumen DalamMMenciptakan Hubungan IIslami." Amwaluna:BBuku EkonomiIIdan Keuangan IslamMVol. 3 nomor 1.

Wijaya, Evelyn dan Ariyanti, Puspa Marantika. Pengaruh Service Marketing Mi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional TBK Cabang A.Yani Pekanbaru. Journal Of Economics, Business and Accounting (COSTING), Volume 1 Nomor 2, 2018.

Zamroni. Pengaruh Marketing mixMdan Syariah ComplianceTTTerhadap Keputusan NasabahHdalam Menggunakan Jasa Memilih Bank UmumSISyariah Syariah di Kudus. EEQUILIBRIUM: JurnalEEkonomi Syariah VolumeE 4, Nomor 1, 2016.

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayned D. Gremler. Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm. 4th edition. International Edition. Singapore: McGraw-Hill, 2006.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Sukma, C. G. ., Hadi, . A. ., & Hartini, T. . (2023). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening . Al-Buhuts, 19(1), 162–177. https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3526

Terbitan

Bagian

Articles