Evaluation of International Class Program Through CIPP Model

Case in Bachelor of Sharia Economics Study Program, UIN Sunan Ampel Surabaya

Penulis

  • Sri Wigati UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Nurul Fatma Hasan UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v19i2.3956

Kata Kunci:

International Class Program, evaluation, CIPP model

Abstrak

Program Kelas Internasional milik Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya digagas untuk menciptakan para lulusan unggul yang mampu berkompetisi dalam taraf internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Kelas Internasional yang diselenggarakan Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Evaluasi Program Kelas Internasional dilakukan dengan menggunakan model CIPP; yaitu Context, Input, Process, dan Product. Objek dalam penelitian ini adalah sebuah Program Kelas Internasional di Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, yang terdiri dari 24 mahasiswa dan 15 dosen. Dimensi Context mengevaluasi tujuan pembelajaran; hasilnya sangat bagus (telah diakui oleh lembaga akreditasi mandiri LAMEMBA). Dimensi Input mengevaluasi dosen, mahasiswa, kurikulum, dan fasilitas & infrastruktur; hasilnya berkualitas untuk dosen dan mahasiswa, sangat bagus untuk kurikulum, dan bagus untuk fasilitas & infrastuktur. Dimensi Process mengevaluasi pedagogi dan profesionalitas; hasilnya sangat bagus. Dimensi Product mengevaluasi pencapaian akademik dan nonakademik; hasilnya bagus. Dengan memperhatikan evaluasi-evaluasi ini, para pembuat kebijakan dan semua elemen yang terlibat dapat melakukan evaluasi guna meningkatkan dan memperkuat Program Kelas Internatinal yang telah berjalan.

Biografi Penulis

Sri Wigati, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

<br data-mce-bogus="1">

Nurul Fatma Hasan, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Program Kelas Internasional milik Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya digagas untuk menciptakan para lulusan unggul yang mampu berkompetisi dalam taraf internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Kelas Internasional yang diselenggarakan Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Evaluasi Program Kelas Internasional dilakukan dengan menggunakan model CIPP; yaitu <em>Context, Input, Process, </em>dan<em> Product</em>. Objek dalam penelitian ini adalah sebuah Program Kelas Internasional di Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, yang terdiri dari 24 mahasiswa dan 15 dosen. Dimensi <em>Context</em> mengevaluasi tujuan pembelajaran; hasilnya sangat bagus (telah diakui oleh lembaga akreditasi mandiri LAMEMBA). Dimensi <em>Input</em> mengevaluasi dosen, mahasiswa, kurikulum, dan fasilitas & infrastruktur; hasilnya berkualitas untuk dosen dan mahasiswa, sangat bagus untuk kurikulum, dan bagus untuk fasilitas & infrastuktur. Dimensi <em>Process</em> mengevaluasi pedagogi dan profesionalitas; hasilnya sangat bagus. Dimensi <em>Product</em> mengevaluasi pencapaian akademik dan nonakademik; hasilnya bagus. Dengan memperhatikan evaluasi-evaluasi ini, para pembuat kebijakan dan semua elemen yang terlibat dapat melakukan evaluasi guna meningkatkan dan memperkuat Program Kelas Internatinal yang telah berjalan.

Referensi

Agustina, N. Q., & Mukhtaruddin, F. (2019). The CIPP Model-Based Evaluation on Integrated English Learning (IEL) Program at Language Center. English Language Teaching Educational Journal, 2(1), 22–31.

Bukit, A. V, Bastari, A., & Putra, G. E. (2019). Evaluation of learning programs in Indonesian Naval Technology College with the context, input, process, and product (CIPP) model. International Journal of Applied Engineering Research, 14(20), 3823–3827.

Lippe, M., & Carter, P. (2018). Using the CIPP Model to Assess Nursing Education Program Quality and Merit. Teaching and Learning in Nursing, 13(1), 9–13. https://doi.org/10.1016/j.teln.2017.09.008

Prayogo, D. (2022). CIPP Evaluation Model and Its Effect on E-Learning. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 177–188.

Rachmaniar, R., Yahya, M., & Lamada, M. (2021). Evaluation of Learning through Work Practices Industry Program at University with the CIPP Model Approach. International Journal of Environment, Engineering and Education, 3(2), 59–68.

Singh, M. D. (2004). Evaluation framework for nursing education programs: application of the CIPP model. International Journal of Nursing Education Scholarship, 1(1).

Sopha, S., & Nanni, A. (2019). The cipp model: Applications in language program evaluation. Journal of Asia TEFL, 16(4), 1360.

Stufflebeam, D. L. (n.d.). The CIPP Model for Evaluation. In Evaluation Models (pp. 279–317). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_16

Tuna, H., & Başdal, M. (2021). Curriculum evaluation of tourism undergraduate programs in Turkey: A CIPP model-based framework. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 29, 100324.

Warju, W. (2016). Educational program evaluation using CIPP model. INVOTEC, 12(1).

Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the context, input, process, and product evaluation model (CIPP) as a comprehensive framework to guide the planning, implementation, and assessment of service-learning programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84.

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Wigati, S., & Hasan, N. F. (2023). Evaluation of International Class Program Through CIPP Model: Case in Bachelor of Sharia Economics Study Program, UIN Sunan Ampel Surabaya. Al-Buhuts, 19(2), 465–475. https://doi.org/10.30603/ab.v19i2.3956

Terbitan

Bagian

Articles