Keputusan Pembelian ditinjau dari Harga, Promosi, Inovasi Produk dan Kualitas Produk

Penulis

  • Dirwan Dirwan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asniwati Asniwati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4815

Kata Kunci:

Price, Promotion, Product innovation, product quality, Purchasing decisions

Abstrak

The purpose of this study was to examine the effect of price, promotion, product innovation and product quality on purchasing decisions at the Browcyl Makassar outlet center.  The population in this study were Browcyl (Banana Brownies) consumers totaling 96 people who were also used as research samples. The technique or how to determine the sample in this study using purposive sampling. The analysis used is multiple linear regression analysis. The results showed that partially price, promotion, product innovation and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions.

Referensi

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17–27.

Al Rasyid, H., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39–49.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99.

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30.

Lestari, B. L. S., & Septiani, E. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mataram. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 11–18.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Miranda, A., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Makeover Pada Mahasiswa Itb Nobel Indonesia. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 29–41.

Mulyana, S. (2021). Pengaruh harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online pada shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195.

Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ: International Journal of Business, 4(2), 62–69.

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis pengaruh harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Putra, M. S., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2).

Romadhoni, B., & Themba, O. S. (2023). Efek Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Pelayanan, Harga, Cita Rasa Dan Experiential Marketing. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 6(1), 12–20.

Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kusworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133–145.

Susanto, R. (2021). Pengaruh harga dan iklan terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo di Tangerang Selatan. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 450–457.

Victor, V., Joy Thoppan, J., Jeyakumar Nathan, R., & Farkas Maria, F. (2018). Factors influencing consumer behavior and prospective purchase decisions in a dynamic pricing environment an exploratory factor analysis approach. Social Sciences, 7(9), 153.

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Journal Of Management, Business And Education, 8(1), 70–78.

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Dirwan, D., & Asniwati, A. (2024). Keputusan Pembelian ditinjau dari Harga, Promosi, Inovasi Produk dan Kualitas Produk. Al-Buhuts, 20(1). https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4815

Terbitan

Bagian

Articles