Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran, Kompetensi Profesional dan Komitmen Kerja dimoderasi oleh Budaya Organisasi terhadap Prestasi Siswa pada SMP Negeri 4 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v21i1.5217Kata Kunci:
Digitalization of learning, Teachers' professional competence, Work commitment, Organizational culture, Student achievementAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digitalisasi pembelajaran, kompetensi profesional guru, dan komitmen kerja terhadap prestasi siswa dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi. Studi ini dilakukan di SMP Negeri 4 Makassar dengan melibatkan sampel siswa yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa, terutama ketika didukung oleh budaya organisasi yang kuat. Kompetensi profesional guru juga terbukti secara signifikan meningkatkan prestasi siswa, dengan pengaruh yang diperkuat oleh budaya organisasi yang mendukung. Komitmen kerja guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa, dan budaya organisasi yang positif memperkuat pengaruh ini. Temuan ini menegaskan pentingnya peran budaya organisasi dalam memaksimalkan pengaruh positif dari digitalisasi pembelajaran, kompetensi profesional guru, dan komitmen kerja terhadap prestasi siswa. Rekomendasi penelitian ini mencakup penguatan budaya organisasi di sekolah, peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan berkelanjutan, dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa secara keseluruhan.
Referensi
Anam, F., Ismanto, H., & Purnomo, A. (2020). Kesiapan PTNU dalam Implementasi Sistem e-Learning Menggunakan ELR Model. Unusida Press.
Anggrahitaningsih, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Guru Sebagai Variabel Mediasi Di SMK Yasmu Gresik. Universitas Muhammdiyah Gresik.
Bestri, R., & Walef, S. M. (2024). Budaya Organisasi Sekolah Upaya Meningkatkan Prestasi Mahasiswa di Revolusi Industri 4.0. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 122–132.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Gumanti, W. (2023). Pengaruh Perceived Organizational Support Dan Readiness For Change Terhadap Digital Culture Untuk Mencapai Worklife Balance Apada Pegawai Non Sdm Iptek Badan Riset Dan Inovasi Nasional. Ecobestha, 2, 1–30.
Gunawan, H., Hadis, A., & Qur’ani, B. (2024). Strategy for Increasing the Creative Performance of Civil Servants in Public Services: Effectiveness of Education and Training through Teamwork. Education, 4(3), 190–198.
Gunawan, H., Ilyas, G. B., & Naninsih, N. (2018). Effect of labor social security on job satisfaction. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(12), 86–89.
Gunawan, H., Pala, R., Tijjang, B., Razak, M., & Qur’ani, B. (2024). Global challenges of the mining industry: Effect of job insecurity and reward on turnover intention through job satisfaction. SA Journal of Human Resource Management, 22, 11.
Hair, J. F., Ringle, C. M., Hult, G. T. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In Long Range Planning.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019a). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019b). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Judijanto, L., Fauzi, I., Telaumbanua, E., Syamsulbahri, S., & Merung, A. Y. (2024). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Inovatif, dan Teknologi Digital terhadap Keberhasilan Bisnis Industri Startup di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 2(01), 24–34.
Khairani, E., & Giatman, M. (2021). Pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen guru. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 52–60.
Komarudin, T. S. (2023). Melampaui Ambisi Pribadi: Mengubah Kepemimpinan dalam Pendidikan dari Agenda yang Didorong oleh Ego. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 1–11.
Latif, M. (2022). Model Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di SMK Polimedik Kota Depok. Institut PTIQ Jakarta.
Ningrum, W. R., & Abdullah, S. M. (2021). Tinjauan literatur: Perilaku inovatif pada guru. Mempersiapkan Generasi Digital Yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inisiatif, Dan Peduli Di Era Society 5.0.
Prasetyono, H., & Ramdayana, I. P. (2020). Pengaruh servant leadership, komitmen organisasi dan lingkungan fisik terhadap kinerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 108–123.
Prayoga, S., & Yuniati, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 54–60.
Purwati, N. L. P. D., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282–292.
Riyadi, R. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-DKI Jakarta. Dhammavicaya: Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 19–33.
Rusmaladi, R., Harapan, E., & Tahrun, T. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4172–4180.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of market research (pp. 587–632). Springer.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.
Setiawan, P. A., & Purnomo, M. S. (2024). Peran Kepemimpinan Servant dalam Meningkatkan Komitmen Organisasi di Lembaga Pendidikan Menengah. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 2(2), 111–122.
Suaeb, S., Agussalim, A., Syarif, S., & Iqbal, M. (2021). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan: Analisis Untuk Mewujudkan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).
Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi pendidikan. Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Misbahuddin Misbahuddin, Nashriah Akil, Imran Taufik, Ihsan Guntur

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.