Analisis Peran Orangtua dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Anak di Era Revolusi Industri 4.0; Studi pada Guru Berkeluarga di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan

Authors

  • Rosyidatul Munayah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v6i2.2046

Keywords:

Character Education, Industrial Revolution Era 4.0

Abstract

This study discusses how family teachers at TMI and MTA Al-Amien Prenduan Islamic Boarding Schools apply character education to children, as well as what are the obstacles and supporting factors in it, especially in the era of the industrial revolution 4.0 (millennial era). The approach used in this study uses a qualitative approach. The results of this study can show that the role of parents in educating their children's character cannot be separated from the parenting applied by each parent with various kinds of sophisticated technology. Besides being able to assist the process of implementing character education, it also requires parents to carry out supervision and extra education. They apply character education to children in various educational methods, based on Islamic guidance.

References

Abdullah Nashih Ulwan. Tarbiyatul Aulad. Jakarta: Khatulistiwa Press, 2017.

Afifah Chusna Az-Zahra, dkk. “Peran Pendidikan Keluarga Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Fakultas Pendidikan Psikologi (2019).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Hendarman. Pendidikan Karakter Era Milenial. Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2019.

Hoedi Prasetyo dan Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” @ti Undip : Jurnal Teknik Industri, vol.vol.13, no. 1 (31 Maret 2018).

Jauhari, Muhammad Idris. Mabadi’ Ilmu Tarbiyah. Prenduan: Mutiara Press, 2018.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2008.

Machful Indra Kurniawan. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.” Journal Pedagogia, vol.4 No 1, (Februari 2015): 41–49.

Mu’arifah. “Urgensi Pendidikan Karakter anak di era 4.0,” 24 Januari 2021.

Nurul Fitria. “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi.” UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Ny. Asmaniyah. “Respon terhadap Era revolusi industri 4.0,” 24 Januari 2021.

Ny. Ishma. “Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Karakter anak di era 4.0,” 23 Januari 2021.

Ny. Nazlah Hidayati. “Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Karakter anak di era 4.0,” 27 Januari 2021.

Ny. Shofia Mahfudz. “Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Karakter,” 26 Januari 2021.

Ny. Siti Qomariyah. “Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Karakter anak di era 4.0,” 25 Januari 2021.

Puji Astuti. “Skripsi Peranan Pola Asuh Orang Tua Non Biologis dalam Perkembangan Kepribadian Anak.” metrouniv.ac.id (2020).

Saifulhaq Inaku, Muhammad Nur Iman. “Pendidikan Karakter Berbasis Akhlaq.” Irfani Jurnal IAIN Gorontalo, vol.16 Nomor 1 (Juni 2020): 69–81.

Sarlito Wirawan Sarwono. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Sugiono. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Syamsuar, Reflianto. “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Di Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0.” E:Tech Jurnal Ilmiah Teknologi (2019).

Thomas Lickona. Educating For Character. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Rosyidatul Munayah. (2021). Analisis Peran Orangtua dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Anak di Era Revolusi Industri 4.0; Studi pada Guru Berkeluarga di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 6(2), 240–250. https://doi.org/10.30603/jiaj.v6i2.2046