Kreativitas Guru PAI dan Implikasinya terhadap Karakter Peserta Didik

(Studi Kasus di SMA Negeri 1 Tapa)

Authors

  • zohra yasin IAIN Gorontalo

Keywords:

Kreativitas Guru, Karakter Peserta Didik

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru PAI dan implikasinya terhadap karakter peserta didik, dan sekaligus berupaya mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemukan dalam proses penerapannya di SMA Negeri 1 Tapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, ialah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan, diperoleh dari informan, tempat, dan dokumen yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian, melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan, ialah analisis yang terdiri dari pengumpulan data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru PAI dalam dapat meningkatkan karakter peserta didik, diantaranya karakter beriman dan bertakwa, jujur dalam perbuatan, disiplin, sopan santun, tertib, tanggung jawab, amanah, persaudaraan, menghargai kesehatan dan kebersihan, kepedulian antar sesama. Adapun hambatan/kendala yang ditemukan dalam penerapan pendekatan emosional untuk meningkatkan karakter peserat didik, ialah peserta didik kurang semangat untuk salat berjamaah, kurangnya kedisiplinan peserta didik, jumlah guru yang terbatas. Sementara yang digunakan untuk mengatasi hambatan/kendala di atas, dilakukan melalui proses membangkitkan semangat peserta didik melalui media sosial yang positif, mengamati peserta didik pada saat pembelajaran dimulai agar perhatian peserta didik terarah, memberikan perhatian dan sentuhan lembut,  kerjasama antar guru, OSIS, anggota Rohis, dan orang tua peserta didik juga dapat mendukung pembentukkan karakter peserta didik

Downloads

Published

2019-08-02

How to Cite

yasin, zohra. (2019). Kreativitas Guru PAI dan Implikasinya terhadap Karakter Peserta Didik : (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Tapa) . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 67–82. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3458