Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur'an Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas XI MAN Manokwari

Authors

  • Abdul Mutalib Rahanyamtel Madrasah Aliyah Negeri Manokwari

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA-2 MAN Manokwari tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran al-Qur’an hadis melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas materi pokok hakikat penciptaan manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA-2 tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 19 peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.  mulai tahap prasiklus, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh adalah 47%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar 79%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80%. Hasil ini telah mencapai target skor yang ditetapkan ≥76, keseluruhan ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan, namun ada beberapa peserta didik yang mengalami penurunan. Jumlah peserta didik yang mengalami peningkatan tiap siklusnya adalah 16 peserta didik atau sebesar 80,00%. Sementara jumlah peserta didik yang mengalami penurunan pada siklus I dan meningkat kembali pada siklus II sebanyak 4 peserta didik atau 10,52%. Sedangkan jumlah siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan menurun pada siklus II sebanyak 4 peserta didik atau 19,50%. Dengan demikian, penggunaan satu model pembelajaran saja tidak dapat mengoptimalkan hasil belajar pesrta didik secara keseluruhan. Untuk itu, guru perlu memnggunakan model pembelajaran yang lain agar pembelajaran di kelas lebih bervariatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an hadis peserta dididk kelas XI-IPA-2 MAN Manokwari.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Rahanyamtel, A. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas XI MAN Manokwari. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 67–80. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4021