Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas II MI Al-Kasysyaf

Authors

  • Watini MIN 1 Kota Banjar

Keywords:

Metode Pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran PAI di MI Al-Kasysyaf Kota Banjar yang menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar PAI peserta didik masih relatif rendah. Sebagai buktinya, nilai ulangan tengah semester peserta didik yang rendah dengan ditandai banyaknya nilai yang dibawah KKM PAI di MI Al-Kasysyaf Kota Banjar sebesar 70. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata Pelajaran PAI sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya dengan permasalahan penelitian sebarapa besar efektifitas kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, siklus pertama dua pertemuan siklus kedua satu kali pertemuan. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas II di MI Al-Kasysyaf Kota Banjar yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil penelitian penelitian diperoleh rata-rata pada pra siklus sebesar 50 dengan persentase ketuntasan klasikal 32,43%, rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 68,91 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,27% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus II sebesar 74,05 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,48%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing terbukti telah meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas II di MI Al-Kasysyaf Kota Banjar.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Watini. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas II MI Al-Kasysyaf. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 156–165. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4054