Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Ibadah Haji Dan Kurban Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDIT An-Nahl Kota Kotamobagu

Authors

  • Prayogi Kono SDIT An-Nahl Kotamobagu

Keywords:

Motivasi belajar, video pembelajaran, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Ibadah Haji dan Kurban mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SDIT An-Nahl Kotamobagu Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki (Total Keseluruhan 15). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan penggunaan video pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Ibadah Haji dan Kurban. Setelah diterapkannya penggunaan video pembelajaran tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.66 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.30. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Kono, P. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Ibadah Haji Dan Kurban Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDIT An-Nahl Kota Kotamobagu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 409–419. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5441