UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMAHAMI PUASA MELALUI METODE TALKING STICK

Penulis

  • Rosmawati SD Negeri 66 Jambi Bantaeng

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada materi Memahami Puasa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Talking Stick. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas III SD Negeri 66 Jambi Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Talking Stick berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada  materi  memahami Puasa. Sebelum diterapkannya metode Talking Stick hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 2 peserta didik (20%) yang tuntas dalam  pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.0. Setelah diterapkannya metode tersebut  pada siklus I sebanyak 8 peserta didik (80%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 peserta didik (90%) yang memperoleh nilai sangat baik dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-08-25

Cara Mengutip

Rosmawati. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMAHAMI PUASA MELALUI METODE TALKING STICK. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 743–754. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5521