Meningkatkan Perilaku Tolong Menolong Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SDN Bintau Bolaang Mongondow
Keywords:
Perilaku tolong menolong, model Cooperative Learning Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku tolong menolong pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C kelas V SDN Bintau Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw berhasil meningkatkan perilaku tolong menolong peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebelum diterapkannya metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw hasil belajar siswa secara klasikal hanya 6 siswa (63%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72,5. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 5 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95,0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran