Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo

Penulis

  • Musrijati Antu min1kotagorontalo

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif

Abstrak

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada seluruh populasi yang ada di kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 31 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dapat diketahui bahwa nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas IIC pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II, presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 60,97 % ( 25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 31 siswa), pada siklus II sebesar 97,6 % (29 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran 3 subtema tugasku sehari-hari di Rumah Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari prasiklus 66,29 dengan presentase 41,93%, dilanjutkan dengan siklus I rerata 69,70 presentase 61,29% dan pada siklus II rerata 78,93 dengan presentase 83,87%.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-02-02

Cara Mengutip

Antu, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 24–34. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2550