Kinerja Guru dalam Pembinaan Akhlak Peserta didik di SDN No. 61 Kota Gorontalo

Penulis

  • Baso Tola IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kinerja guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di SDN No. 61 Kota Gorontalo. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan naturalistic. Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observsasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data dan penyajian data serta kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah triangulasi baik sumber maupun teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di SDN No. 61 Kota Gorontalo cukup baik, dalam hal melaksanakan tugas berkaitan tanggungjawabnya menyelenggarakan pendidikan dalam pembinaan akhlak peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perilaku yang menunjukkan kualitas mengajar, ketepatan dan kecepatan melaksanakan tugas, inisiatif dalam mengajar, kemampuan dalam mengajar, dan komunikasi yang efektif dalam menjalin hubungan baik khususnya dalam pembinaan akhlak peserta didik. Implikasi kinerja guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di SDN No. 61 Kota Gorontalo ditunjukkan dari perkataan dan perbuatan guru. Perkataan yang selalu terucap dari peserta didik yaitu berkata jujur, berkata baik, berkata sopan, dan berkata manis. Implikasi lainnya yaitu baik peserta didik maupun guru menampilkan perbuatan baik, aktif, kreatif, dan interaktif di dalam kelas maupun di luar kelas. Hanya saja sebagai manusia biasa guru maupun peserta didik memiliki berbagai kelemahan dan kekurangan sehingga belum sepenuhnya melakukan perbuatan baik yang dianjurkan ajaran agamanya

Diterbitkan

2020-08-02

Cara Mengutip

Tola, B. (2020). Kinerja Guru dalam Pembinaan Akhlak Peserta didik di SDN No. 61 Kota Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 36–49. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3499

Terbitan

Bagian

Articles