Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII.1 UPT SMPN 1 Tarowang

Penulis

  • Jamal Jamal UPT SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Strategi Koopratif Tipe Jigsaw

Abstrak

Penelitian ini mengambil populasi di UPT SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII.1 UPT SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes sebagai alat utama, Observasi, dan Dokumentassi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Yang mana hasil dari penelitian ini, menunjukan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pra siklus 55%, pada Akhir siklus I sebesar 76,75%, dan pada akhir Siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar sehinga mencapai 92% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa Strategi Koopratif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik kelas VIII.1 UPT SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Jamal, J. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII.1 UPT SMPN 1 Tarowang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 113–124. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4027