Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Pokok Bahasan Iman Kepada Rasul Allah Swt Siswa Kelas VIII UPT SMPN Garaupa No.13 Kepulauan Selayar

Penulis

  • Abdul Dina UPT SMPN Garaupa No 13 Kepulauan Selayar

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI Pokok       Bahasan Iman Kepada Rasul Allah SWT Pada Siswa Kelas VIII UPT SMPN Garaupa No.13 Kepulauan Selayar melalui Penerapan metode Classroom Action Research Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D UPT SMPN Garaupa No.13 Kepulauan Selayar Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Project Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar PAI Pokok Bahasan Iman Kepada Rasul Allah SWT Pada Siswa Kelas VIII UPT SMPN Garaupa No.13 Kepulauan Selayar. Sebelum diterapkannya metode Project Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2021-08-01

Cara Mengutip

Dina, A. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Pokok Bahasan Iman Kepada Rasul Allah Swt Siswa Kelas VIII UPT SMPN Garaupa No.13 Kepulauan Selayar. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4071

Terbitan

Bagian

Articles