Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Shalat Jum’at Di Kelas VII MTs. Azzuhriyah Nw Kebun Erat

Penulis

  • Ahmad Syarif Aliyul Hasani MTs. Azzuhriyah NW Kebun Erat Kab. Lombok Timur

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran agama melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (2) Meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di kelas VII MTs Azzuhriyah NW Kebun Erat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dengan jumlah 10 orang siswa. Perlakuan yang diberikan kepada sebjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi pokok shalat jumat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Meningkatkan nilai- nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 54,4% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 13,3%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 76 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 46,67%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 74 dengan ketuntasan belajar sebesar 80%. (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.

Diterbitkan

2021-08-01

Cara Mengutip

Syarif Aliyul Hasani, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Shalat Jum’at Di Kelas VII MTs. Azzuhriyah Nw Kebun Erat. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 105–119. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4072

Terbitan

Bagian

Articles