Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Operasional Sekolah dan Mutu Pendidikan di MAN 2 Kabupaten Gorontalo

Penulis

  • Firda B Hana Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Lian G. Otaya IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Manajemen Sarana dan Prasarana,, Operasional Sekolah,, Mutu Pendidikan,

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis perencanaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan efektivitas operasional sekolah dan mutu pendidikandi MAN 2 Kabupaten Gorontalo. Untuk menganalisis implementasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan efektivitas operasional sekolah dan mutu pendidikandi MAN 2 Kabupaten Gorontalo. Untuk menganalisis evaluasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan efektivitas operasional sekolah dan mutu pendidikandi MAN 2 Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah.Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tahap perencanaan di MAN 2 Kabupaten Gorontalo yaitu setiap tahun ada evaluasi diri madrasah, raker madrasah untuk membahas sarana dan prasarana, pembentukan komisis sarana dan prasarana yang menjadi bagian dari raker, dan menyusun rencana program kerja, Implementasi sarana dan prasaran dilaksanakan sesuai dengan perencanaan sebelumnya yang telah disusun dalam raker yang melibatkan stakeholder yang ada di madrasah. Dalam pelaksanaan implementasi ini ada beberapa tahapan pelaksanaanya yaitu : pengadaan, inventarisasi, pendistribusian, pemeliharaan dan penghapusan. Secara keseluruhan tahapan-tahapan tersebut sudah terlaksana cukup baik sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Sehingga dapat memberikan kemudahan dalam menggunakan sarana dan prasarana oleh seluruh warga madrasah. Evaluasi adalah proses akhir setelah perencanaan dan implementasi. MAN 2 Kabupaten Gorontalo melakukan evaluasi dengan tahapan yang pertama menginventarisasi keberadaan sarana dan prasarana yang ada di madrasah, mengumpulkan pihak yang terkait, kemudian mengumpulkan data pendukung yang diperlukan, mengisi formulir evaluasi, merakapitulasi hasil evaluasi, kemudian menarik kesimpulan dan melaporkan hasil evaluasi.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Hana, F. B., Yahiji, K., Anwar, H., & G. Otaya, L. . (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Operasional Sekolah dan Mutu Pendidikan di MAN 2 Kabupaten Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 235–248. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4485