PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS AL QUR’AN PADA MATERI POKOK BACAAN LAM DAN RA’ MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP NEGERI 5 SATU ATAP TIBAWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca tulis al-Quran peserta didik pada materi bacaan lam dan ra mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajran Card Sort. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN 5 Satu Atap Tibawa Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 16 Peserta didik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model card sort di siklus I dari observer saat melaksanakan pertemuan pertama sebesar 60% dipertemuan kedua 66%. Di siklus II pertemuan pertama dengan peningkatan mencapai 70%, siklus II telah mengalami peningkatan terbesar dengan 95%. Hasil belajar siswa pada materi hukum bacaan lam dan ra’ kelas VIII SMPN 5 Satap Tibawa pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa dan belum tuntas 7 siswa dengan persentase 56,25% dan pada siklus II semua siswa tuntas dengan nilai presentase 100% dengan demikian angka ini telah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh kelas VIII SMPN 5 Satap Tibawa yaitu 70. Oleh karena itu hasil belajar siswa pada pada tema hokum bacaan lam dan ra kelas VIII SMPN 5 Satap Tibawa pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.