PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGKAJI AYAT KEBERAGAMAN QS AR RUM AYAT 22 MATA PELAJARANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V DI SDN 19 TIBAWA

Penulis

  • Yanti H. Napu SDN 19 Tibawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk motivasi belajar peserta didik pada materi mengkaji ayat keberagaman QS ar Rum ayat 22 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui penggunaan media Canva. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek Penelitian ini adalah kelas V fase C SDN 19 Tibawa Tahun pelajaran 2022/2023 terdiri dari 15 peserta didik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes,, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan media Canva dapat meningkatkan meotivasi belajar peserta didik sebagaimana terlihat dari hasil belajar peserta didik pada saat dilaksanakan siklus I dan siklus II. Dengan menggunakan media Canva pada siklus I belum menujukkan adanya perkembangan motivasi belajar peserta didik yang signifikan Hal ini dibuktikan dari hasil pelaksanaan siklus I  yang mengalami kemajuan walaupun cukup berarti  yang terlihat pada hasil nilai rata rata 73,66 tetapi pada pada siklus II meningkat dengan nilai rata rata 87. Peserta didik lebih semangat dan antusias mengikuti pembelajaran sebab didukung dengan penggunaan media canva yang mendukung peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2022-08-30

Cara Mengutip

Yanti H. Napu. (2022). PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGKAJI AYAT KEBERAGAMAN QS AR RUM AYAT 22 MATA PELAJARANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V DI SDN 19 TIBAWA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 681–693. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5417