Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah Kelas VIII SMP Negeri Satap Totabuan

Penulis

  • Tita Ananda Putri Paputungan SMP Negeri Satap Totabuan

Kata Kunci:

hasil belajar, model Problem Based Learning, TPACK, PAI dan Budi Pekerti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Masa Keemasan Era Daulah Bani Abbasiyah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMP Negeri Satap  Totabuan 2022, yang terdiri dari 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah. Penerapan model pembelajaran pada siklus I sebanyak 2 (18,18%) siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58,18 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (81,81%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,18. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-05-01

Cara Mengutip

Putri Paputungan, T. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah Kelas VIII SMP Negeri Satap Totabuan . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 517–535. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5480