Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Roni Mohamad
  • Mustofa Mustofa

DOI:

https://doi.org/10.30603/am.v10i1.1361

Keywords:

Agama, Investasi, Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tingkat pemahaman agama terhadap prilaku dagang/bisnis pedangang. Penelitian in berlangsung selama
tiga bulan (Agustus-November 2013), lokasi penelitian ini adalah Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisa data dilakukan dengan pendekatan statistik regresi berganda dengan bantuan program SPSS 17.0, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yanga diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman agama yang terdiri dari Iman, Islam dan Ihsan pedagang pasar minggu Telaga tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis uji parsial tentang tingkat pemahaman agama tentang Iman dan Ihsan berpengaruh signifikan terhadap prilaku dagang/bisnis pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo dan tingkat pemahaman agama tentang Islam tidak berpengaruh signifikan terhadap prilaku bisnis pedagang Pasar Minggu Telaga. Sedangkan tingkat pemahaman agama secara bersama-sama yang terdiri dari iman, Islam dan ihsan berpengaruh signifikan terhadap prilaku dagang/bisnis pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupten Gorontalo.

Downloads

Published

2014-12-01

How to Cite

Mohamad, R., & Mustofa, M. (2014). Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo. Al-Mizan (e-Journal), 10(1), 1–16. https://doi.org/10.30603/am.v10i1.1361

Issue

Section

Articles