Produksi Program Siaran Dakwah Radio

Isi Artikel Utama

Taufik R Talalu

Abstrak

Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana program siaran dakwah diproduksi. Program siaran dakwah yang tidak diproduksi dengan baik, pembawaan penyiar dan narasumber program siaran dakwah yang mengabaikan broadcast style menyebabkan keberadaan program siaran dakwah belum bisa memuaskan rasa ingin tahu masyarakat mengenai topik-topik keislaman sekaligus belum dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mempelajari ajaran agama Islam. Penelitian tentang program siaran dakwah ini dilakukan di radio Selebes Gorontalo menggunakan metodologi kualitatif dengan model studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpukan dengan teknik wawancara dan teknik studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Selebes menyiarkan tiga program siaran dakwah, yakni Islam Discovery, Khazanah Islam, dan Opus (Obrolan Puasa). Islam Discovery dan Khazanah Islam berbentuk infotainment. Sedangkan Opus berbentuk talk show. Ketiga siaran dakwah ini mengudara setelah melalui tahapan manajemen strategis program siaran yang terdiri dari perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, serta pengawasan dan evaluasi progam.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Talalu, T. R. (2020). Produksi Program Siaran Dakwah Radio. Farabi, 17(2), 147–162. https://doi.org/10.30603/jf.v17i2.1858
Bagian
Articles

Referensi

Akbar, Faisal, Syamsuddin RS, and Dadan Anugrah. “Program Fajar Indah Sebagai Media Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat.” Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 1 (2020): 21–38. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tabligh/article/view/1863.

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, and Siti Karlinah. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edited by Rema Karyanti Soenandar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2007.

Bakhri, Khoerul. “Strategi Radio Dakwah Islam Semarang Dalam Meningkatkan Pendengar.” SAHAFA Journal of Islamic Communication 3, no. 1 (2020): 51–59. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/sahafa/article/view/4608/pdf_31.

Creswell, John. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Djamal, Hidajanto, and Andi Fachruddin. Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, Dan Regulasi. Jakarta: Kencana, 2013.

Gorontalo.bps.go.id. “Persentase Penduduk Menurut Kabupaten/Kota Dan Agama Di Provinsi Gorontalo, 2017.” Last modified 2018. Accessed May 15, 2020. https://gorontalo.bps.go.id/dynamictable/2018/08/16/544/persentase-penduduk-menurut-kabupaten-kota-dan-agama-di-provinsi-gorontalo-2017.html.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2014.

Juniawati. “Dakwah Melalui Media Elektronik: Peran Dan Potensi Media Elektronik Dalam Dakwah Islam Di Kalimantan Barat.” Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah 15, no. 2 (2014): 211–233. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/305.

Morissan. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana, 2013.

Munthe, Muktarruddin. “Penggunaan Radio Sebagai Media Komunikasi Dakwah.” Jurnal Komunika Islamika 5, no. 2 (2018). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/komunika/article/view/3993.

Nasor, M. “Optimalisasi Fungsi Radio Sebagai Media Dakwah.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 12, no. 1 (2017): 105–128. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/1447/1163.

Republika.co.id. “Dakwah Melalui Radio Makin Marak.” Republika. Last modified 2015. https://www.republika.co.id/berita/koran/khazanah-koran/15/03/17/nlcihg-dakwah-melalui-radio-makin-marak.

Risantoso, Muhammad, Robeet Thadi, Moch Iqbal, and Intan Kurnia Syaputri. “Klasifikasi Pesan Dakwah Pada Radio Siaran L-Baas 97,6 FM.” Jurnal Dawuh 1, no. 1 (2020): 34–39. https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/38.

Saragih, M Yose Rizal. “Dakwah Via Jurnalistik Radio.” an-Nadwah 25, no. 1 (2019): 64–74. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/nadwah/article/view/7481/3337.

Selebesgroup.com. “About Us.” Accessed May 19, 2020. https://selebesgroup.com/about-us/.

Thaib, Erwin Jusuf. “Efektifitas RRI Gorontalo Sebagai Media Pembinaan Spiritualitas Masyarakat Di Kota Gorontalo.” Farabi 10, no. 1 (2013): 35–54. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/fa/article/view/765.

Umaira, Ahmad Syahid, and Colle Said. “Dampak Siaran Dakwah Radio Republik Indonesia Palu Dalam Meningkatkan Kehidupan Masyarakat Religius Di Kota Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains 1, no. 1 (2020). http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/jom/article/view/1296.

Yanti, Fitri. “Membangun Radio Komunitas Sebagai Media Dakwah.” Bina’ al-Ummah: Jurnal Imu Dakwah dan Pengembangan Komunitas 7, no. 2 (2012). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alummah/article/view/577.

Zaini, Ahmad. “Dakwah Melalui Radio: Analisis Terhadap Format Siaran Dakwah Di Radio PAS FM Pati.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4, no. 1 (2016): 71–94. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2907/2078.