TRANSFORMATION OF DA'WAH TOWARDS CHANGING GORONTALO COMMUNITY BEHAVIOR (Study of Ustad Muhammad Iqbal Pakaya's Da'wah Model)

Isi Artikel Utama

Wahidah Suryani
Arfan Nusi
Indra Dewi Sery Yusuf

Abstrak

Penelitian ini merupakan analisis konsep tentang transformasi dakwah bagi masyarakat Gorontalo melalui beberapa penceramah atau da’I yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Pesan-pesan agama ditransformasikan kepada masyarakat melalui seorang Da’i. Efektifitas penyampaian itu juga tidak terlepas dari kredibilitas seorang Da’i. Da’I dalam penelitian ini lebih fokus pada transformasi dakwah ustad Muhammad Iqbal Pakaya, yang membawakan ceramah dengan gayanya yang unik dan mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Gorontalo. Setiap kehadiran ustad Muhammad Iqbal menarik jamaah untuk mendengarkan hingga selesai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada penelitian lapangan dengan fokus pada observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep transformasi dan model Dakwah Ustad Muhammad Iqbal Pakaya dalam setiap ceramah yang dibawakannya. Konsep dan model dakwah ustad Muhammad Iqbal Pakaya lebih banyak membahas hal-hal sehari-hari yang dekat dengan mad’u yang disertai dengan konsep humor sehingga mudah dipahami.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suryani, W., Nusi, A., & Yusuf, I. D. S. (2023). TRANSFORMATION OF DA’WAH TOWARDS CHANGING GORONTALO COMMUNITY BEHAVIOR : (Study of Ustad Muhammad Iqbal Pakaya’s Da’wah Model). Farabi, 20(1), 1–23. https://doi.org/10.30603/jf.v20i1.3533
Bagian
Articles

Referensi

Agung, Kurniawan. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan, 2005.

Alawiyah, Tutty. Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim. Bandung: Mizan, 1997.

Bachtiar, Wardi. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos, 1999.

Dewi, Oki Setiana & Ahmad Khoirul Fata. “Beragam Jalan Menjadi Salih: Model Dakwah Kelas Menengah Muslim Indonesia.” Jurnal Bimas Islam, 14, no 1 (2021), h. 1-32

Fata, Ahmad Khoirul. “Basis Teologis Dakwah Ekologis.” Jurnal Bimas Islam, vol 10, no 2 (2017), h. 375-401

Fata, Ahmad Khoirul. “Ideologi Peradaban Islam.” Akademika, vol 17, no 1 (2005), 59-70

Ghazali, Bahri. Dakwah Komunikatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997.

Jafar, Iftitah dan Mudzhira Nur Amrullah. “Bentuk-bentuk Pesan Dakwah dalam Kajian al-Qur’an.” Jurnal Komunikasi Islam, vol. 8, no 1 (2018), h. 41-66

Jafar, Iftitah. “Tujuan Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an Mempertajam Fokus dan Orientasi Dakwah Ilahi.” Miqot vol 34, No 2 (2010), h. 285-305

Katz, Daniel & Robert L Kahn.The Social Psychology of Organizations, Dalam Becker & Neuhauser, The Efficient Organizations. New York: Elsevier, 2006.

Mujiono, Yoyon. Strategi Komunikasi Sebagai Penunjang Dakwah, Jurnal Ilmu Dakwah Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel, Vol. 4, No. 1, April 2001.

Munir, Muhammad dan Wahyu Ilahi. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana, 2006

Notoatmodjo, Soekidjo. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Suparta, Munzier dan Harjani Hefni. Metode Dakwah. Jakarta: Rahmat Semesta, 2003.

Usman, Abdul Rani, “Metode Dakwah Kontemporer.” Al-Bayan, vol. 19, no 2 (2013), h. 109-118

Uswatusolihah, Uus. "Kesadaran dan Transformasi Diri dalam Kajian Dakwah Islam dan Komunikasi." Komunika, vol 9, no 2 (2015), 257-275

Yusanto, M. Ismail. Pengantar Manajemen Syari’at. Jakarta: Khairul Bayan, 2002.