MOBILISASI SUARA: PENGARUH AGAMA DALAM PRAKTIK VOTE BUYING DI PILKADA (STUDI DI KABUPATEN BONE BOLANGO)

Penulis

  • Hendra Yasin IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/jf.v21i1.5295

Kata Kunci:

Politik, Demokrasi, Politik Uang, Agama, Beli Suara, Pemilihan Umum

Abstrak

Vote buying atau jual beli suara menjadi salah satu fenomena pelanggaran pemilu yang marak mewarnai demokrasi elektoral di Indonesia. Meskipun praktik yang mencederai sistem demokrasi ini banyak ditentang, namun tidak serta-merta menjadikan vote buying sirna dari polemik pemilihan umum di negeri ini. Penelitian yang menggunakan metode survei ini, akan mengungkap hasil mobilisasi suara melalui praktik vote buying di masyarakat dan apakah nilai-nilai moral agama memiliki peran yang signifikan yang dapat mempengaruhi hasil keputusan pemilih terlebih pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bone Bolango. Data kuanitatif penelitian ini diperoleh dari hasil survei dengan sejumlah responden yang diwawancara menggunakan daftar kuesioner yang telah disusun secara sistematis yang hasilya kemudian diramu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyeret teori patron-client milik James Scott. Hasil penelitian ini menunjukan mayoritas masyarakat Bone Bolango paham akan ilegalnya praktik vote buying, namun tidak serta-merta menjadikan praktik yang demikian ditolak dalam pemilihan umum di daerah tersebut. Kondisi sosial ekonomi daerah juga tampaknya turut mengambil peran penting pada keputusan masyarakat dalam menerima atau menolak praktik politik uang yang ada. Namun, nilai-nilai agama yang melekat dalam diri individu nyatanya tidak mampu mempengaruhi masyarakat untuk menolak ajakan vote buying.

 

Referensi

Aspinall, Edward, Mada Sukmajati. (2014). Politik Uang di Indonesia, Patronase dan Klientelisme di Pemilu Legislatif 2014. Jakarta: Penerbit PolGov.

Aspinall, Edward., Berenschot, W. (2019). “Democracy for Sale: Elections, Cloentelism, and the State in Indonesia, Ithaca: Cornell Universty Press.

Badan Pusat Statistik Bone Bolango, “PDRB per Kapita di Kabupaten Bone Bolango 2023,” https://bonebolangokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjQjMg==/produk-domestik-regional-bruto-per-kapita-di-kabupaten-bone-bolango.html (diakses pada 23 Agustus 2024).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Bolango, Berita Resmi Statistik No.03/08/7504/Th.IV, 1 Agustus 2024.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Bolango, https://bonebolangokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjUjMg==/indikator-kemiskinan.html diakses tanggal Senin 16 September 2024.

Creswell, John W., Vicki L. Piano Clark. (2007). Designing and Conducting Mixed Methods Research (London: Sage Publicatuins).

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1753-6405.2007.00096.x

Muhtadi, Burhanuddin. (2018) .“Buying Votes in Indonesia: Partisans, Personal Networks, and Winning Margins.” A PhD thesis for the degree of doctor of a philosophy, The Australian National University.

Muhtadi, Burhanuddin. “Politik Uang dan New Normal dalam Pemilu Paska-Orde Baru”, Jurnal Antikoripsi Integritas.

Rahmat Bagja, Ketua Bawaslu RI, dalam Konferensi pers update penanganan pelanggaran Pidana Pemilu 2024. Diakses dari https://www.bawaslu.go.id/id/berita/registrasi-1023-temuan-dan-laporan-bawaslu-temukan-s479-dugaan-pelanggaran-pemilu-2024, Jumat (13/9/2024).

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bonebolango dan Kabupaten Pohuwato di Provinsi Gorontalo, Lembar Negara Nomor 26 Tahun 2003.

Sukmajati, Mada., Edward Aspinal. (2015). Politik Uang di Indonesia patronase dan klientelisme di Pemilu Legislatif 2014. Yogyakarta : PolGOv.

Survei Politik oleh Curva Survei Indonesia (CSI), Maret 2024.

Tanjung, Wahyudi., Ramadani Ramadani. (2023). “Analisis Korelasi Pendapatan Masyarakat dengan Politik Uang dalam Pemilu”, Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI) Universitas Islam Negeri Sumatera, Medan.

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

Yasin, H. (2024). MOBILISASI SUARA: PENGARUH AGAMA DALAM PRAKTIK VOTE BUYING DI PILKADA (STUDI DI KABUPATEN BONE BOLANGO). Farabi, 21(1), 39–58. https://doi.org/10.30603/jf.v21i1.5295

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama