Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Pustaka Pada Buku PAI dan BP Untuk SMK Kelas X)

  • Kusmawaty Matara IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Buku Teks PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku pelajaran PAI dan Budi pekerti kelas X SMK dan strategi pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter pada buku PAI dan budi pekerti kelas X SMK. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode content analisis (analisis isi).Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku ajar Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diterbitkan oleh penerbit Erlangga.Tim penyusunnya yaitu Drs. H. Abd.Rahman, MA, Dra.Hj.Lim Halimah, Munawir A.M., Drs. HA. Sholeh Dimyathi, MF, MM., Drs. H. Ridwan, Ms, MM.Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung atau termuat didalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK kelas X yang ditemukan peneliti yaitu Religius, kerja keras, semangat kebangsaan, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli social, tanggung jawab, demokrasi, disiplin, jujur, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca, kreatif, toleransi. Didalam buku mata pelajaran ini juga terdapat intruksi atau petunjuk-petunjuk yang tidak jauh berbeda dengan strategi yang digunakan untuk menyampaikan materi. Buku teks ini baik digunakan dalam proses pembelajaran karena materi yang terdapat didalam buku sudah termuat nilai-nilai karakter,hanya perlu disempurnakan pada proses pembelajaran atau kegiatan pembelajaran.

Published
2020-09-19
How to Cite
Matara, K. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Pustaka Pada Buku PAI dan BP Untuk SMK Kelas X). Irfani, 16(1), 82-95. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1759

Flag Counter

Web Analytics