KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAAT KOTA GORONTALO Indonesia

Isi Artikel Utama

Saifulhaq Inaku
Doly Hanani
Muhammad Nur Iman

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini akan melihat dan mengamati bagaimana Kompetensi Sosial Guru di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kota Gorontalo dalam mengembangkan kompetensi guru sehingga secara bertahap ia mencapai level guru yang kompeten atau professional. Dalam hal ini, motivasi moril saja dari kepala sekolah belumlah cukup, namun perlu langkah  dan kebijakan konkret menyangkut program yang terkait dengan pengembangan kompetensi, profesionalisme dan kebutuhan guru, sebagaimana tuntutan pemerintah dan masyarakat terhadap mutu pendidikan dewasa ini, khususnya mutu guru.


Guru kompeten akan melaksanakan tugas belajar mengajar di kelas dengan penuh semangat dan menyenangkan, serta penuh makna; murid selalu mendapat hal baru setiap kali masuk kelas untuk belajar. Murid tidak akan pernah bosan untuk belajar di kelas karena gurunya kompeten. Pada akhirnya, guru kompeten akan melahirkan murid-murid yang rajin belajar karena mereka mencintai proses pembelajaran dan memahami arti penting belajar bagi masa depannya.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat .


Guru di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kota Gorontalo mempunyai kompetensi sosial yang baik. hal ini dapat dilihat ketika guru berinteraksi dan berkomunikasi dengan kepala madrasah, sesama guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar madrasah.


Dalam melaksanakan proses pendidikan, guru Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kota Gorontalo telah melakukan komponen kompetensi sosial yaitu: Guru bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.


Journal ini tentu memiliki kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan demi kesempurnaannya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Inaku, S., Hanani, D. ., & Nur Iman, M. (2021). KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAAT KOTA GORONTALO: Indonesia. Irfani (e-Journal), 17(2), 112–124. https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2282
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama