EVALUASI PEMBELAJARAN DARING (Penelitian di Era Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Gorontalo)

Main Article Content

Nur Gamar
Weni Hulukati
Abdul Haris Panai
Novianty Djafri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauh mana evaluasi pembelajaran daring pada era pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan ialah kualtatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa a) dukungan kebijakan pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 pada sekolah menengah pertama di Kabupaten Gorontalo ditunjukkan dengan adanya regulasi sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid-19, b) sumber daya yang tersedia untuk pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi. covid 19 pada sekolah menengah pertama di Kabupaten Gorontalo berupa hardware dan software yang sudah tersedia di sekolah, namun masih ada beberapa sekolah yang belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai, c) pelaksanaan pembelajaran daring di era covid 19 pandemi pada sekolah menengah pertama yang pertama di Kabupaten Gorontalo sudah dilakukan secara maksimal di beberapa tempat, namun beberapa sekolah masih menerapkan sistem kombinasi karena terkendala masalah jaringan internet yang belum tersedia, d) keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 di sekolah menengah pertama se-Kabupaten Gorontalo berada pada kategori baik sehingga hal ini menunjukkan pembelajaran daring yang telah dilaksanakan memberikan hasil yang cukup baik, e) pembelajaran daring tetap berjalan berdampak pada perubahan karakter, pengetahuan dan keterampilan siswa pada sekolah menengah pertama di Kabupaten Gorontalo dengan hasil yang cukup memadai. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di era pandemic covid-19 tetap harus dipadukan dengan model pembelajaran lainnya agar dapat memberikan hasil yang optimal dalam mendukung peningkatan kualitas siswa dalam pembelajaran pasca pandemic covid-19.

Article Details

How to Cite
Gamar, N., Hulukati, W. ., Panai, A. H., & Djafri, N. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN DARING (Penelitian di Era Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Gorontalo). Irfani, 18(2), 177–188. https://doi.org/10.30603/ir.v18i2.3030
Section
Articles