MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Febry Rizki Susanti Kalaka a:1:{s:5:"en_US";s:26:"IAIN Sultan Amai Gorontalo";}

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.3457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen kelas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan subjek data kepala sekolah, guru mata pelajaran matematika, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang dilakukan dengan proses triangulasi. Menggunakan Teknik Analisis induktif dari Miles dan Huberman. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam pembelajaran matematika yaitu: (1) Perencanaannya dengan melakukan pemetaan profil belajar peserta didik dan mempersiapkan administrasi guru, (2) pengorganisasiannya dengan  menggunakan metode ceramah atau demonstrasi serta menggunakan model Discovery Learning maupun Problem Based Learning dan juga memanfaatkan IT seperti Quizizz dan youtube, (3) implementasinya diawali dengan apersepsi, penjelasan garis besar materi, pembagian kelompok, presentasi, dan penguatan materi oleh guru , (4) Evaluasinya dengan menggunakan soal-soal baru yang berbeda sesuai kepampuan peserta didik akan tetapi masih memiliki tujuan yang sama.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Kalaka, F. R. S. (2021). MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 TELAGA KABUPATEN GORONTALO. Irfani (e-Journal), 17(2), 199–208. https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.3457

Most read articles by the same author(s)