PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA ISLAMI TERHADAP KECERDASAN MORAL ANAK USIA 5–6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v20i2.7153Keywords:
Pembelajaran Berbasis Cerita Islami, Kecerdasan Moral, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis cerita Islami terhadap kecerdasan moral anak usia 5–6 tahun di TK Izzatul Islam Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequential explanatory, yaitu penelitian yang diawali dengan pengumpulan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan data kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 20 anak kelompok B. Data kuantitatif dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar penilaian kecerdasan moral yang meliputi aspek kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kedisiplinan. Sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara guru dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kecerdasan moral anak setelah diterapkan pembelajaran berbasis cerita Islami, dengan rata-rata skor pretest sebesar 56,4 meningkat menjadi 84,7 pada posttest. Data kualitatif menguatkan hasil tersebut dengan menunjukkan perubahan perilaku positif anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti lebih jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, pembelajaran berbasis cerita Islami berpengaruh positif terhadap pengembangan kecerdasan moral anak usia dini dan layak dijadikan model alternatif dalam pendidikan karakter berbasis nilai Islam





