PENGGUNAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU DI TK SLB PANGUDI LUHUR

Isi Artikel Utama

Lathipah Hasanah

Abstrak

Anak tunarungu mengalami kesulitan berkomunikasi karena adanya keterbatasan bahasa sehingga mereka akan menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Metode Maternal Reflektif (MMR) merupakan salah satu metode pengajaran yang diharapkan dapat mengembangan kemampuan berbahasa khususnya berbicara anak tunarungu sehingga dapat berkomunikasi menggunakan bahasa oral. Fokus utama dari penelitian ini terdiri dari: (1) Bagaimana kemampuan berbicara anak tunarungu dan (2) bagaimana prosedur penggunaan Metode Maternal Reflektif (MMR). Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur dan studi lapangan dengan mengamati proses pembelajaran di kelas anak tunarungu dengan menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR). Penelitian ini melibatkan anak-anak dengan rentang usia 6-8 Tahun di TK SLB Pangudi Luhur, Jakarta yang berjumlah 12 orang. Untuk menggambarkan situasi yang terjadi pada subjek penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara, dan data dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa Metode Maternal Reflektif (MMR) berperan dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak tunarungu. Berdasarkan hasil studi lapangan yang telah dilakukan, dapat dideskripsikan bahwa penggunaan Metode Maternal Reflektif (MMR) yang digunakan di SLB Pangudi Luhur meliputi tahapan sebagai berikut: (1) Persiapan, (2) Wicara terpadu, (3) Papan minggu, (4) Percakapan, (5) Visualisasi, (6) Pengolahan Visualisasi, (7) Menyalin visualisasi, dan (8) Membaca ujaran tulis.


Kata Kunci: Metode Maternal Reflektif (MMR), Kemampuan Berbicara, Anak Tunarungu


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasanah, L. (2022). PENGGUNAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU DI TK SLB PANGUDI LUHUR. Irfani (e-Journal), 18(1), 11–23. https://doi.org/10.30603/ir.v18i1.2375
Bagian
Articles