DESTINASI JURUSANPENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATFHAL (PGRA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO TAHUN 2020

Isi Artikel Utama

Abdurrahman R Mala

Abstrak

Pendidikan disetiap jenjang harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten agar bisa menciptakan output yang berkualitas. Itulah yang kemudian menjadi salah satu tujuan pembentukan Prodi PGRA di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  IAIN Sultan Amai Gorontalo. Spirit untuk menciptakan output yang berkualitas tersebut terkandung dalam visi PGRA yaitu menjadi program studi unggulan, handal, inovatif, bermartabat dalam menyiapkan calon pendidik raudhatul athfal yang professional dan berkarakter Islam.Kedudukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam sistem Pendidikan Nasional sangat strategis,untuk mengembangkan sumber daya manusia. Jenjang pendidikan untuk anak usia dini di Indonesia terdiri dari tiga jalur yaitu formal, nonformal dan informal. Sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA) atau bentuk lain yang sederajat. Untuk jalur pendidikan nonformal berupa Kelompok Bermain (Play Grup), Taman Penitipan Anak (TPA) atau bentuk lain yang sejenis.Serta untuk jalur pendidikan informal berupa pendidikan yang diperoleh dari keluarga atau masyarakat. Oleh karena itu di masa yang akan datang cita-cita prodi PGRA tersebut dapat terwujud bukan hanya dalam ranah konseptual saja tetapi juga dalam ranah praksis.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mala, A. R. (2018). DESTINASI JURUSANPENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATFHAL (PGRA) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO TAHUN 2020. Irfani (e-Journal), 14(1), 1–18. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/942
Bagian
Articles