Panduan Penulis

Panduan umum untuk penulis

  1. Naskah yang dikirimkan (submit) adalah naskah hasil pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau tidak sedang dalam proses publikasi di tempat lain.
  2. Panjang artikel adalah 10 – 20 halaman termasuk daftar pustaka
  3. Naskah dikirim dalam format *.doc atau *.rtf
  4. Kata dalam bahasa asing atau bahasa daerah (lokal) ditulis cetak miring (italic)

Template Artikel

Untuk memudahkan penulis dalam melakukan penulisan naskah maka penulis dapat mengunduh artikel template. Penulis dapat menuliskan secara langsung pada template format word yang telah diunduh. Download template artikel word | pdf

Format Penulisan Artikel

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL MADANI: JURNAL PENGABDIAN ILMIAH

(judul dituliskan dengan huruf besar/uppercase, Times New Roman, 12 pt Bold, spasi 1)

Nama Penulis1, Nama Penulis2, (Times New Roman, Bold, tanpa gelar)

1Nama Institusi

2Nama Institusi

email

Abstrak: (Times New Roman, spasi 1)

Abstrak harus memberikan gambaran yang jelas terkait isi artikel. Abstrak harus memuat tujuan pengabdian, metode yang digunakan, temuan penting atau hasil pengabdian, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dengan huruf tegak dengan panjang 150-250 kata. Jika abstrak melebihi 250 kata, maka editor akan meminta penulis harus memperbaikinya. Pada kondisi tertentu editor memiliki hak untuk memperbaiki abstrak agar sesuai dengan panduan atau standar jurnal. Jenis font yang digunakan adalah Times New Roman spasi 1. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika dalam bahasa Indonesia, maka kata atau istilah yang berasal dari bahasa Inggris atau bahasa asing yang lain ditulis dalam cetak miring (italic). Abstrak dituliskan dengan bahasa yang ringkas dan jelas, tidak memuat acuan daftar pustaka, dan lengkap menggambarkan esensi isi artikel secara keseluruhan.

Kata Kunci:  (tegak, 3-5 kata)

Pendahuluan (Times New Roman, Bold)

(Times New Roman, 18 pt, spasi exactly). Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah adalah jurnal yang dikelola dan dterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. Panjang artikel Jurnal Madani adalah 10-20 halaman termasuk daftar pustaka. Jurnal Madani mempublikasikan hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berbasis riset dengan tema pemberdayaan masyarakat atau kelompok profesi tertentu, pemberdayaan keluarga, pengembangan madrasah atau sekolah, penerapan teknologi tepat guna, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, dan program pelatihan.

Pendahuluan harus memuat latar belakang berupa akar masalah dan pentingnya (urgensi) kegiatan pengabdian dilakukan. Latar belakang dapat bersumber dari masalah (problem) yang bersifat aktual yang terjadi di sekelompok masyarakat atau komunitas tertentu atau fenomena yang terjadi dari hasil pengamatan (observasi) di lapangan yang membutuhkan tindakan solutif melalui pengabdian berbasis penelitian (riset). Pendahuluan juga harus menuliskan kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel pengabdian yang ditulis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan dilaksanakannya pengabdian berbasis riset tersebut dikaitkan dengan latar belakang dan kajian literatur yang telah dipaparkan sebelumnya. Penulisan sumber kutipan (referensi) dalam artikel jurnal ini menggunakan catatan tubuh (bodynote).

Metode

Bagian ini menjelaskan metode yang digunakan untuk memecahkan (mereduksi) masalah dan juga metode untuk menganalisis bagaimana efektifitas atau keberhasilan program. Langkah-langkah dari metode yang digunakan juga dapat dijelaskan dalam bentuk bagan atau diagram alur. Metode yang digunakan sebaiknya menggunakan landasan teori yang kuat sehingga dapat dipertanggungjawabkan aspek keilmiahannya. Metode yang digunakan misalnya: PAR (Participatory Action Research); ABCD (Asset Based Community Development); CBR (Community-Based Research); Service learningCommunity development, atau metode/pendekatan yang lainnya. Bagian metode ini juga menjelaskan subjek yang menjadi sasaran program pengabdian, bagaimana cara mendapatkan data, jenis data yang telah diperoleh, dan bagaimana menganalisisnya.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi hasil temuan dari pelaksanaan pengabdian dan pembahasannya. Tuliskan temuan penting yang telah diperoleh tersebut secara jelas dan komprehensif. Temuan harus ditunjang oleh data-data yang lengkap dan memadai. Hasil dan pembahasan harus bisa menjawab tujuan dari pelaksanaan program pengabdian di bagian pendahuluan. Pembahasan tidak menjelaskan detail langkah-langkah pelaksanaan pengabdian, tetapi fokus mendiskusikan hasil pengabdian yang diperoleh. Pembahasan dapat dikaitkan dengan teori terdahulu atau hasil pengabdian yang berkaitan dengan tema artikel.

Untuk menunjang kejelasan pemaparan hasil pengabdian, maka pada bagian ini dapat menggunakan tabel, gambar, atau bagan. Jika tabel, gambar, atau bagan yang disajikan lebih dari satu, maka wajib dilakukan penomoran secara urut dari nomor 1 (satu). Jika di bagain lain dari artikel menyajikan tabel, gambar, atau bagan maka kaidah yang digunakan adalah sama. Contoh standar penulisan tabel, gambar, dan bagan ada dalam template artikel .

Kesimpulan 

Kesimpulan menggambarkan jawaban dari tujuan program pengabdian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari pengabdian tersebut.

Ucapan Terima Kasih 

Bagian ini bersifat pilihan. Penulis dapat memberikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang terkait atau yang terlibat secara langsung dalam proses pelaksanaan program pengabdian sehingga artikel yang ditulis dapat diselesaikan dengan baik. Pihak yang terkait misalnya adalah kepala dinas terkait yang memberikan akses dan dukungan program pengabdian atau pihak sponsor yang memberikan dana program pengabdian. Ucapan terimakasih berbeda dengan persembahan pada skripsi atau tesis yang berisi ucapan terimakasih kepada keluarga yang tidak secara langsung membantu pelaksanaan program pengabdian.

Referensi 

Referensi atau daftar pustaka dituliskan dalam font Times New Roman 1 spasi

Ketentuan penulisan referensi adalah sebagai berikut

  1. Jumlah referensi harus sesuai dengan kutipan yang telah dituliskan dalam artikel. Artinya setiap kutipan yang digunakan dalam artikel harus muncul pada referensi.
  2. Jumlah minimal referensi yang digunakan adalah 10 referensi (sumber) dan diutamakan referensi dari sumber primer (jurnal ilmiah), atau hasil wawancara.
  3. Referensi yang digunakan sebaiknya yang terbaru (update).
  4. Penulisan refrensi sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi bawaan Microsoft Word atau aplikasi khusus seperti MendeleyZoteroEndNote, dan lainnya.
  5. Format penulisan daftar pustaka mengikuti format APA 6th Edition (American Psychological Association).