HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA ARAB

STUDI PENELITIAN PADA MAHSASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SULTAN AMAI GORONTALO T.A 2017-2018

Authors

  • Adri Yudha Damongi jurusan PAI
  • Arten Mobonggi
  • Munirah Munirah

Keywords:

KECERDASAN EMOSIONAL, SIKAP BELAJAR

Abstract

Permasalahan  yang dibahas dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab dan Sejauh mana hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar pada mata kuliah bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai.

            Metode penelitian ini adalah penelitian kuntitatif menggunakan metode survey pendekatan korelasional yang dilakukan di kelas A dan B Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis koefiensi korelasi.

            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis korelasi memperoleh nilai sebesar 0,496 lebih besar dari rhitung sebesar 0,244 dengan N=63 pada taraf signifikasi 5%, artinya terdapat hubungan positif yang menunjukan interpretasi korelasi yang sedang. Sedangkan nilai R Square sebesar 0,246 atau 24,6%, ini menunjukan kecerdasan emosional menentukan hasil sikap belajar mahasiswa sebesar 24,6% sedangkan 75,4% ditentukan oleh faktor lainya.

Downloads

Published

2020-02-18

How to Cite

Damongi, A. Y., Mobonggi, A., & Munirah, M. (2020). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA ARAB: STUDI PENELITIAN PADA MAHSASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SULTAN AMAI GORONTALO T.A 2017-2018. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 1(1), 17–30. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1220