Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Taubat Dan Taat Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Mind Mapping Fase D Kelas VII MTS Nurul Ikhsan Yafadlillah

Authors

  • Muhamad Asrorudin MTs NURUL IKHSAN YAFADLILLAH

Keywords:

Prestasi Belajar, Metode Mind Mapping, Taubat Dan Taat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa  pada materi taubat dan taat mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Mind Mapping. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D MTs Nurul Ikhsan Yafadlillah, yang terdiri dari 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Mind Mapping  berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi taubat dan taat. Sebelum diterapkannya metode Mind Mapping  prestasi belajar siswa secara klasikal hanya 9 siswa (41%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71,81. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa (64%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,63 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 89,70. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena mind mapping merupakan metode pembelajaran yang hanya mencatat hal-hal yang penting saja sehingga memudahkan anak didik mengingat dan mempelajari suatu hal dengan melihat hubungan yang terbentuk dari kata kunci, warna, dan gambar yang ada.

Published

2020-08-27

How to Cite

Asrorudin, M. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Taubat Dan Taat Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Mind Mapping Fase D Kelas VII MTS Nurul Ikhsan Yafadlillah. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 2(2), 154–164. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4056