Penerapan Metode Tasmi’ Dan Muraja’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Peserta Didik Pada Materi Qs. Al-Imran : 190-191 Dan Qs Ar-Rahman : 33 Pendidikan Agama Islam Fase F Di SMA Negeri 3 Jeneponto Kabupaten Jeneponto

Authors

  • Jamaluddin SMA Negeri 3 Jeneponto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Hafalan Peserta Didik pada materi Al- Qur’an Surah Al-Imran : 190-191 dan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman: 33 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Tasmi’ dan Murajaah. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E SMA Negeri 3 Jeneponto Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Tasmi’ dan Murajaah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur’an Surah Al-Imran : 190-191 dan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman: 33. Sebelum diterapkannya metode Tasmi’ dan Murajaah hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (29,17%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata- rata 93.33. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Published

2021-08-29

How to Cite

Jamaluddin. (2021). Penerapan Metode Tasmi’ Dan Muraja’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Peserta Didik Pada Materi Qs. Al-Imran : 190-191 Dan Qs Ar-Rahman : 33 Pendidikan Agama Islam Fase F Di SMA Negeri 3 Jeneponto Kabupaten Jeneponto. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(2), 126–134. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4065