PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AL-IMRAN : 190-191 DAN QS AR-RAHMAN : 33 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE F DI SMA NEGERI 3 JENEPONTO KABUPATEN JENEPONTO

Penulis

  • Jamaluddin SMA Negeri 3 Jeneponto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Hafalan Peserta Didik pada materi Al- Qur’an Surah Al-Imran : 190-191 dan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman: 33 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Tasmi’ dan Murajaah. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E SMA Negeri 3 Jeneponto Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Tasmi’ dan Murajaah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur’an Surah Al-Imran : 190-191 dan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman: 33. Sebelum diterapkannya metode Tasmi’ dan Murajaah hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (29,17%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata- rata 93.33. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-29

Cara Mengutip

Jamaluddin. (2021). PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AL-IMRAN : 190-191 DAN QS AR-RAHMAN : 33 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE F DI SMA NEGERI 3 JENEPONTO KABUPATEN JENEPONTO. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(2), 126–134. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4065