Eksistensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pembinaan Kedisiplinan Guru Di SDN 9 Tilongkabila

Authors

  • Lince Nasaru Kawin
  • Muh. Hasbi

Keywords:

Kepala Sekolah Sebagai Supervisor, Pembinaan Kedisiplinan Guru

Abstract

ABSTRAK

Kepala Sekolah/Madrasah merupakan pimpinan satuan pendidikan yang memiliki fungsi manajerial, administrator, educator, supervisor, leader, motivator, wirausahawan, yang harus menjabarkan fungsi dalam tugas dan tanggung jawab kesehariannya, atau memiliki kompotensi yang dituntut dalam Pendidikan No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah, dimana seorang Kepala Sekolah harus memiliki dimensi kompotensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Supervisi diarahkan pada pembinaan guru yang perlu senantiasa untuk dibina, diartikan, diberi jalur keluar sehingga beban berat tidak dirasakan sendirian.Disinilah adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru.Eksistensi kepala sekolah sebgai sosok penentu keberhasilan tujuan sekolah dalam tugas kesehariannya banyak menghadapi tantangan untuk keberhasilan mencapai tugasnya. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dilakukan kepala sekolah sebagai supervisor serta untuk mengetahui usaha / strategi kepala sekolah dalam pembinan kedisplinan guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan : Kepala sekolah adalah sosok yang menjadi panutan dan mempunyai peran penting bagi lembaga yang dipimpinnya. Salah satu fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan yang mempunyai tugas untuk membina para guru dan seluruh staf yang bertugas menangani dalam proses pembelajaran, agar mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki para guru untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tecapai secara maksimal. Pembinaan kedisiplinan harus dilakukan kepala sekolah secara terus menerus yang dikemas dalam pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari disekolah. Pembiasaan ini dapat ditunjukkan dapat dari pelaskanaan waktu, tugas, dan kedisiplinana lainnya.

Downloads

Published

2020-02-18

How to Cite

Nasaru, L., & Hasbi, M. (2020). Eksistensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pembinaan Kedisiplinan Guru Di SDN 9 Tilongkabila. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 1(1), 31–38. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1273