Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menguatkan Sikap Spritual Peserta Didik Di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v6i1.4459Keywords:
Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka Belajar, Sikap Spritual Peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam menguatkan kompetensi spritual peserta didik di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato serta (2) faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam menguatkan kompetensi spritual peserta didik di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Sumber data penelitian ini sebahagian besar penulis peroleh dari para infroman yakni Kepala Sekolah, Guru wali kelas I dan IV, serta guru PAI dan Budi Pekerti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam menguatkan kompetensi spritual peserta didik di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato telah terlaksana dengan baik hal ini dilihat dari persiapan guru-guru dalam menerapkan pembelajaran yaitu mengikuti bimbingan dari sekolah dan menyusun perangkat pembelajaran dengan pendekatan penguatan sikap spritual peserta didik di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato dilaksanakan dengan menggunakan metode pengajaran, pembiasaan, keteladanan dan nasehat dalam menguatkan sikap spritual rajin berdo’a, ketaatan beribadah, dan sikap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Adapun Faktor pendukung penguatan kompetensi spritual peserta didik dalam Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SDN 09 Paguat yaitu tersedianya platform merdeka belajar, dan faktor orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya penguasaan TIK oleh guru, kurangnya sarana prasarana yang memadai