Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat

Authors

  • Munirah Munirah Fakultas Tarbiyah & Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Taufik Tuli IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Efektivitas, Strategi, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi bagaimana efektivitas strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil  belajar fiqih Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat. Penelitian ini  menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi nilai rata-rata pada ulangan harian 1 yaitu 79,55 dan pada ulangan harian 2 nilai rata-rata harian peserta didik adalah 87,65. Selanjutnya dari aspek pisikomotorik nilai rata-rata peserta didik untuk penugasan individu pada ulangan harian 1 adalah 83,3. Nilai rata-rata peserta didik untuk kinerja pada ulangan harian 2 adalah 88,4. Dari hasil, pelaksanaan strategi Problem Based Learning (PBL) di kelas X IPA 1 baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih pada materi zakat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian 1 dan ulangan harian 2 nilai rata-rata peserta didik meningkat  dan memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75.

Published

2022-02-01

How to Cite

Munirah, M., & Tuli, T. (2022). Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 4(1), 19–29. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/2901