Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat
Keywords:
Efektivitas, Strategi, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi bagaimana efektivitas strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fiqih Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi nilai rata-rata pada ulangan harian 1 yaitu 79,55 dan pada ulangan harian 2 nilai rata-rata harian peserta didik adalah 87,65. Selanjutnya dari aspek pisikomotorik nilai rata-rata peserta didik untuk penugasan individu pada ulangan harian 1 adalah 83,3. Nilai rata-rata peserta didik untuk kinerja pada ulangan harian 2 adalah 88,4. Dari hasil, pelaksanaan strategi Problem Based Learning (PBL) di kelas X IPA 1 baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih pada materi zakat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian 1 dan ulangan harian 2 nilai rata-rata peserta didik meningkat dan memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75.