Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Beriman Kepada Nabi Dan Rasul Allah Di Kelas IV MIS Darussalam 2

Authors

  • Hatmawati MIS Darussalam 2

Keywords:

Hasil Belajar, Beriman Kepada Nabi, Rasul, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas IV MIS Darussalam 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Darussalam 2 yang berjumlah 15 siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kurt  Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah tes tulis yaitu menggunakan butir-butir soal tes. Hasil Penelitian pada siklus I menunjukan siswa yang tuntas sebesar 60 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 40 %.  Pada Siklus 2 siswa yang tuntas 93,33% dan yang tidak tuntas 6,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem Based Learning ( PBL)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MIS Darussalam 2 Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul.

Published

2021-02-25

How to Cite

Hatmawati. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Beriman Kepada Nabi Dan Rasul Allah Di Kelas IV MIS Darussalam 2. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(1), 15–25. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4058