Implementasi Kolaborasi Kemampuan Guru PAI dengan Guru Tematik dalam Pemberian Tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo
Keywords:
Kolaborasi Skill Guru; Pemberian TugasAbstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi kolaborasi kemampuan antar guru PAI dengan guru Tematik dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dekumentasi. Untuk menganalisis data, penulis mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterprestasikan data-data yang ada untuk mengambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antar guru PAI dengan guru tematik dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo yakni menggunakan modul Pelajaran. Pada modul tersebut terdapat karakter siswa, dari karakter tersebut dapat dikolaborasikan dengan mata pelajaran lainya yang saling berhubungan dan untuk tugasnya diberikan dalam bentuk praktik. Selain Modul, kolaborasi antar mata pelajaran dalam pemberian tugas lebih memberikan kemudahan baik pada guru dan siswa. untuk guru lebih mengefesienkan waktu mengajar, Pada siswa, guru mudah memberikan pemahaman kepada siswa, karena dilakukan oleh dua guru sekaligus