Metode Kreatif Metode Pembelajaran Kreatif Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTS Al- Muhktaromiyah Sentul

Metode Pembelajaran Kreatif

Penulis

  • Muhamad Royhan Royhan uik bogor

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6395

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan metode pembelajaran kreatif yang aplikatif dan relevan dalam pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah kelas VII. Latar belakang penyusunan panduan ini adalah kebutuhan akan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif, motivasi belajar, serta pemahaman nilai-nilai Islam secara kontekstual oleh peserta didik. Jenis penelitian yang di guanakan adalah kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Metode-metode kreatif meliputi mind mapping, storytelling, project-based learning, video-based learning, role playing, hingga active knowledge sharing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode-metode ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta membentuk karakter dan daya pikir kritis peserta didik. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru SKI untuk mengembangkan proses pembelajaran yang lebih variatif, efektif, dan bermakna sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Royhan, M. R. (2025). Metode Kreatif Metode Pembelajaran Kreatif Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTS Al- Muhktaromiyah Sentul: Metode Pembelajaran Kreatif. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2). https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6395

Terbitan

Bagian

Articles