UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP TOLERANSI

DI SDN CLURING KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMOMNGAN

Penulis

  • Ali Erfandi Universitas Darul Ulum Lamongan, Indonesia
  • Sauqi Futaqi Universitas Darul Ulum Lamongan, Indonesia
  • Khotimah Suryani Universitas Darul Ulum Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6771

Kata Kunci:

Moderasi Beragama; Toleransi; Guru PAI; Sekolah Dasar; Pendidikan Karakter

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang moderat dan toleran terhadap keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam menumbuhkan nilai moderasi beragama dan sikap toleransi di SDN Cluring, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan analisis data model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan strategi keteladanan, integrasi nilai toleransi dalam pembelajaran, diskusi terbuka, serta pembiasaan sikap toleran melalui kegiatan rutin sekolah. Strategi tersebut terbukti efektif dalam membentuk sikap saling menghormati dan menerima perbedaan di kalangan siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan peran guru PAI dalam membangun pendidikan karakter berbasis nilai islam moderat sejak dini.

Diterbitkan

2025-08-02

Cara Mengutip

Erfandi, A., Sauqi Futaqi, & Khotimah Suryani. (2025). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP TOLERANSI : DI SDN CLURING KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMOMNGAN. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2), 195–209. https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6771

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.