UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP TOLERANSI
DI SDN CLURING KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMOMNGAN
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6771Kata Kunci:
Moderasi Beragama; Toleransi; Guru PAI; Sekolah Dasar; Pendidikan KarakterAbstrak
Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang moderat dan toleran terhadap keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam menumbuhkan nilai moderasi beragama dan sikap toleransi di SDN Cluring, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan analisis data model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan strategi keteladanan, integrasi nilai toleransi dalam pembelajaran, diskusi terbuka, serta pembiasaan sikap toleran melalui kegiatan rutin sekolah. Strategi tersebut terbukti efektif dalam membentuk sikap saling menghormati dan menerima perbedaan di kalangan siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan peran guru PAI dalam membangun pendidikan karakter berbasis nilai islam moderat sejak dini.