IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT CURRICULUM MANAGEMENT AT PAI AND BP IN INSTILLING PANCASILA STUDENT PROFILE VALUES AT SMPN 1 PLUMPANG
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.5214Abstract
Pemerintah senantiasa melakukan perubahan dalam dunia pendidikan, khususnya kurikulum. Sebelumnya sekolah menggunakan kurikulum 2013, namun saat ini telah berganti menjadi kurikulum merdeka, dan hampir semua sekolah menerapkannya. Salah satunya SMPN 1 Plumpang yang merupakan pendidikan formal yang menerapkan kurikulum merdeka selama 2 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen kurikulum merdeka mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam menanamkan nilai-nilai profil siswa Pancasila di SMPN 1 Plumpang melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta menganalisis dampak kurikulum merdeka terhadap akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 1 Plumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum merdeka berjalan dengan baik. Begitu pula dengan keseluruhan pelaksanaan berjalan dengan baik, meskipun 5 persen mengalami sedikit kendala dalam menerapkan kegiatan pembelajaran yang nyata dengan modul ajar yang dibuat. Evaluasi akan dilakukan secara berkesinambungan dan holistik. Dampak kurikulum independen terhadap moral siswa di PAI memiliki dampak positif dan negatif.
Kata Kunci: manajemen; kurikulum mandiri; pendidikan Islam; nilai-nilai Pancasila.