Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Pada PAI dan BP dalam Menanamkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Di SMPN 1 Plumpang

Penulis

  • Firda Nazilatur Rohmah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Agus Maimun UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Aziz UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.5214

Abstrak

Pemerintah selalu melakukan perubahan dalam bidang pendidikan, terutama kurikulum. Dulu sekolah yang memakai kurikulum 2013 sekarang sudah berganti menjadi kurikulum merdeka, dan hampir semua sekolah menerapkan kurikulum merdeka. Salah satunya, SMPN 1 Plumpang merupakan Pendidikan formal yang menerapkan kurikulum merdeka 2 tahun berjalan. Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan manajemen kurikulum merdeka pada PAI dan Budi Pekerti dalam menanamkan nilai profil pelajar pancasila di SMPN 1 Plumpang melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Serta menganalisis dampak kurikulum merdeka terhadap akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Plumpang. Hasil penelitian bahwa perencanaan kurikulum merdeka berjalan dengan baik. Begitu juga pelaksanaannya secara keseluruhan berjalan dengan baik, walaupun ada 5 persen mengalami sedikit kendala dalam menerapkan kegiatan pembelajaran secara nyata dengan modul terbuka yang dibuat. Kalau evaluasi akan dilakukan secara berkelanjutan dan holistik. Dampak kurikulum merdeka terhadap akhlak siswa pada PAI mempunyai dampak positif dan dampak negatif.

Kata kunci : manajemen; kurikulum merdeka; Pendidikan Agama Islam; nilai pancasila

Diterbitkan

2024-09-06

Cara Mengutip

Nazilatur Rohmah, F., Maimun, A., & Aziz, A. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Pada PAI dan BP dalam Menanamkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Di SMPN 1 Plumpang. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 225–237. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.5214