APPLICATION OF ISLAMIC CURRICULUM MANAGEMENT PRINCIPLES: A SOCIO-CULTURAL STUDY IN LIGHT OF THE PROPHETIC HADITH

Authors

  • Nur Fatimah STIT Al-Ihsan Baleendah
  • Taufik Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irwan Abdurrohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wiwin Suhada STAI Al Muhajirin Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6055

Keywords:

Islamic Curriculum Management; Prophetic Hadith; Socio-cultural Studies; Islamic Education

Abstract

Manajemen kurikulum Islam memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan beramal dengan ilmu yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana prinsip-prinsip manajemen kurikulum Islam yang berlandaskan Hadits Nabi diterapkan dari perspektif sosial budaya. Penelitian ini menganalisis pentingnya nilai-nilai Islam dalam konteks manajemen kurikulum di lembaga pendidikan, khususnya dalam membangun keselarasan antara ajaran Islam dengan dinamika sosial. Pendekatan sosial budaya digunakan untuk memahami bagaimana interaksi antara nilai-nilai Islam dengan konteks sosial mempengaruhi implementasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertumpu pada pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur Hadits dan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti keadilan, keseimbangan, koherensi dan integrasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran memberikan kontribusi yang signifikan untuk membangun sistem pendidikan yang komprehensif. Di samping itu, pendekatan sosial budaya menekankan pentingnya penyesuaian kurikulum Islam dengan kondisi, tradisi, dan tantangan masyarakat setempat, sehingga tercipta sinergi antara pendidikan berbasis Islam dengan perubahan sosial yang dinamis dan memberikan kontribusi positif untuk membangun masyarakat yang harmonis dan adil.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Fatimah, N., Rahman, T., Abdurrohman, I., Erihadiana, M., & Suhada, W. (2025). APPLICATION OF ISLAMIC CURRICULUM MANAGEMENT PRINCIPLES: A SOCIO-CULTURAL STUDY IN LIGHT OF THE PROPHETIC HADITH. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 340–351. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6055