APPLICATION OF ISLAMIC CURRICULUM MANAGEMENT PRINCIPLES: A SOCIO-CULTURAL STUDY IN LIGHT OF THE PROPHETIC HADITH
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6055Keywords:
Islamic Curriculum Management; Prophetic Hadith; Socio-cultural Studies; Islamic EducationAbstract
Manajemen kurikulum Islam memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan beramal dengan ilmu yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana prinsip-prinsip manajemen kurikulum Islam yang berlandaskan Hadits Nabi diterapkan dari perspektif sosial budaya. Penelitian ini menganalisis pentingnya nilai-nilai Islam dalam konteks manajemen kurikulum di lembaga pendidikan, khususnya dalam membangun keselarasan antara ajaran Islam dengan dinamika sosial. Pendekatan sosial budaya digunakan untuk memahami bagaimana interaksi antara nilai-nilai Islam dengan konteks sosial mempengaruhi implementasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertumpu pada pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur Hadits dan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti keadilan, keseimbangan, koherensi dan integrasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran memberikan kontribusi yang signifikan untuk membangun sistem pendidikan yang komprehensif. Di samping itu, pendekatan sosial budaya menekankan pentingnya penyesuaian kurikulum Islam dengan kondisi, tradisi, dan tantangan masyarakat setempat, sehingga tercipta sinergi antara pendidikan berbasis Islam dengan perubahan sosial yang dinamis dan memberikan kontribusi positif untuk membangun masyarakat yang harmonis dan adil.